Simak 4 Tips Ini Supaya Perawatan Mobil Anda Lebih Ekonomis

Siapapun Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan mengandalkan mobil pribadi untuk segala urusan yang dimiliki, maka wajib sekali memberi perawatan intens. Perawatan yang tepat akan menunjang performa mobil tersebut tetap apik dan bisa diandalkan. Sehingga nantinya tidak gusar ketika berurusan dengan kerusakan parah atau tiba-tiba mogok di tengah jalan, karena resiko ini pun akan berkurang bahkan hilang. Tentunya perawatan ini memerlukan tenaga, waktu, sekaligus biaya yang memadahi karena banyak bentuk perawatan dilakukan oleh mekanik di bengkel.

Biaya service ke bengkel untuk mobil pribadi Anda memang tidak akan murah, apalagi kalau penghasilan per bulan belum bisa dibilang besar. Supaya perawatan rutin ini bisa dilakukan dan tidak membuat kantong kelabakan, simak tips agar perawatan mobil lebih ekonomis:

  • Menghindari onderdil non-ori,

Onderdil mesin abal-abal atau non original akan membuat mesin mudah rusak karena memicu kerusakan onderdil lainnya. Kalau sampai ada banyak onderdil seperti ini maka bisa dipastikan umur mobil Anda akan semakin pendek. Biaya servisnya pun dijamin membengkak karena setiap service perlu mengganti onderdil mesin.

  • Rajin untuk mengganti oli,

Membantu menghemat biaya service rutin mobil kesayangan maka usahakan untuk rajin ganti oli, setiap 5000 km. Kalau dilakukan maka kerusakan pada mesin akan bisa dihindari yang tentunya membuat biaya service semakin terjangkau. Oli sendiri bagi mesin mobil memegang peranan vital karena bukan hanya sebagai pelumas saja. Akan tetapi membantu mencegah korosi, menambal mesin yang mengalami kebocoran, sekaligus mendinginkan mesin mobil Anda. Kalau telat diganti maka efeknya tidak akan bagus.

  • Tidak pernah terlupa mengecek angin,

Tekanan angin pada ban memang menjadi persoalan sepele, saking sepelenya banyak pemilik mobil mengabaikan kebutuhan ini. Padahal tekanan angin yang kurang bisa terjadi tiba-tiba dan dampaknya sangat luar biasa. Tekanan yang kurang membuat ban mudah kempes atau malah meledak di tengah jalan, bayangkan berapa biaya untuk ganti ban? Belum lagi membuat mesin mengkonsumsi bahan bakar lebih boros sehingga bukannya hemat yang ada kantong setiap hari menjadi tekor.

  • Lakukan service rutin secara tertib,

Service mobil perlu dilakukan secara teratur, tidak hanya pada mobil namun juga pada kendaraan jenis lainnya. Ketika rajin mengunjungi bengkel langganan untuk melakukan service maka biaya perawatan yang dikeluarkan akan semakin hemat. Cobalah untuk service rutin, meski perlu keluar uang rutin juga namun biayanya lebih ekonomis ketimbang service setahun sekali. Perbandingannya tentu luar biasa, service membuat mesin mobil terjaga performanya dan membantu mengatur biaya perawatan kendaraan tersebut. Jadi tidak salah kalau menjadikan service rutin sebagai tindakan penghematan atas kepemilikan mobil.

You May Also Like