Mengenal Cairan Pembersih Mobil yang Baik dan Tidak Baik yang Harus Anda Ketahui

Jika menggunakan mobil yang kotor, maka biasanya pemiliknya pasti akan merasa tidak percaya diri atau tidak sering memarkirkan di tempat yang paling terlihat oleh orang. Hal ini tentu akan membuat Anda malu dan repot sendiri. Maka, akan lebih baik untuk menjaga kebersihan mobil Anda, tidak terkecuali bagian detil dan bagian sepele lainnya. Hal ini berguna agar mobil Anda terlihat lebih maksimal. Bagian terpenting yang harus Anda sering bersihkan tidak hanya bodi mobil, namun kaca mobil juga perlu Anda perhatikan. Ketika orang menengok ke arah mobil Anda, maka bagian pertama yang biasanya dilihat paling dahulu adalah bagian kacanya, barulah bagian bodynya. Untuk itu, sering-seringlah membersihkan dengan cairan-cairan yang dipercaya dapat membersihkan kaca hingga mengkilap. Berikut ini adalah beberapa cairan yang dianjurkan untuk Anda gunakan ketika hendak membersihkan kaca mobil:

  • Soda

Bukan hanya untuk diminum, nyatanya soda juga sangat berguna untuk membuat kaca mobil Anda terlihat lebih kinclong. Namun, yang bisa Anda gunakan hanyalah yang masih murni dan belum pernah diolah. Caranya adalah dengan membersihkannya menggunakan cara yang biasa dan mengelapnya hingga kering. Selanjutnya, Anda bisa membasahi sebuah lap dengan soda dan gosok pada kaca mobil Anda, terutama yang sudah terlihat buram serta ditumbuhi jamur. Lakukan kegiatan tersebut sebanyak beberapa kali hingga jamur tersebut menghilang dan kaca terlihat jernih.

  • Air Tembakau

Selain menjadi bahan baku pembuatan rokok, tembakau ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan kaca mobil Anda. Cara menggunakannya adalah dengan merendam tembakau selama 15 menit ke dalam air yang bersih yang dingin serta belum dimasak. Setelah itu, Anda bisa membersihkan kaca dengan menggunakan cara biasa dan lap sampai kering. Setelah itu, siram kaca dengan air tembakau pada permukaannya yang mempunyai masalah seperti berjamur dan hal lainnya, tentunya dengan menggunakan lap yang masih bersih. Lakukan beberapa kali sampai jamur hilang dan kaca terlihat sangat bersih. Selain itu, ada beberapa bahan pembersih yang harus Anda hindari, seperti:

  • Alkohol dan Bahan Kimia

Untuk menjaga agar kaca mobil Anda awet dan tidak cepat rusak jika dibersihkan secara rutin, Anda harus menghindari menggunakan cairan alkohol dan berbagai jenis bahan kimia lainnya yang terkadang dipercaya mampu membuat kaca kembali jernih dan bersih. Nyatanya, kedua cairan ini dapat membuat kaca semakin buram dan bahkan mampu merusak fungsi dari peredam panas yang biasanya terdapat pada kaca.

  • Amoniak

Bahan lainnya yang tidak dianjurkan untuk membersihkan kaca adalah amoniak. Cairan ini bukannya membuat bersih, namun nyatanya dapat merusak komponen yang ada pada sekitar kaca, terutama jika benda tersebut terbuat dari bahan kulit, karet dan vinil. Memang tidak akan merusak secara langsung, tetapi jika digunakan terus maka akan menimbulkan resiko kerusakan.

Next Post

No more post

You May Also Like