Jaga Dirimu dari Virus Corona dengan 3 Cara Mudah Ini

cara cegah virus corona

Penyakit virus corona atau yang saat ini sering disebut sebagai COVID-19 telah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat dunia.

Wabah yang awalnya tersebar di kota Wuhan, Tiongkok ini telah menjangkiti lebih dari puluhan ribu orang.

Hingga saat ini, tercatat sudah lebih dari seratus orang terjangkit COVID-19 di Indonesia. Dengan kondisi yang cukup mengkhawatirkan tersebut, Presiden Joko Widodo pun akhirnya memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Bahkan beberapa daerah, seperti provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat, telah meliburkan sekolah.

Lalu bagaimana kamu bisa menjaga diri agar terhindar dari bahaya virus corona tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

 

  • Jaga kebersihan diri

Salah satu hal wajib kamu lakukan agar terhindar dari bahaya COVID-19 adalah dengan menjaga kebersihan diri. Mandilah dua kali dalam satu hari agar tubuh terbebas dari segala kotoran yang mungkin kamu dapatkan selama beraktivitas seharian.

Apalagi jika kamu sehari-harinya banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, akan lebih besar paparan terhadap bakteri maupun virus.

 

Selain mandi, kamu juga dianjurkan untuk sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala. Jika memang sulit untuk mencari akses ke air mengalir dan sabun, penggunaan hand sanitizer juga bisa menggantikan, meskipun efektivitasnya tidak sebaik mencuci tangan.

  • Lakukan social distancing

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar lebih aman dari bahaya virus corona adalah dengan melakukan social distancing. Artinya, kamu menjaga jarak dari kerumunan massa ataupun orang lain.

Salah satu social distancing yang bisa kamu lakukan saat ini adalah dengan mengerjakan pekerjaan dari rumah (work from home), beribadah di rumah (tidak perlu ke tempat ibadah), serta berbelanja secara daring (tidak perlu ke pusat perbelanjaan).

 

Namun ingat ya, Teman Blanja. Meskipun kamu melakukan social distancing, jangan lupakan untuk mengerjakan kewajiban kamu. Misalnya jika kamu seorang karyawan, tetaplah bekerja sebagai mana biasanya dengan jam kerja yang sama seperti kamu bekerja di kantor.

  • Perkuat daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat

Salah satu cara agar dirimu terjaga dari COVID-19 adalah dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Konsumsilah makanan sehat seperti sayuran, daging, dan buah-buahan serta rajinlah berolahraga. Untuk olahraga, pilihlah jenis olahraga yang dapat dilakukan di dalam rumah.

 

Meningkatkan kondisi tubuh adalah salah satu tameng terkuat yang bisa kamu miliki untuk melawan penyakit berbasis virus. Jika dirasa perlu, konsumsi juga vitamin dan penambah imun tambahan.

Itulah 3 cara mudah agar dirimu terjaga dari bahaya virus corona. Semoga saja kita semua selalu terlindungi dari bahaya penyakit apapun ya.

Satu hal yang juga harus kamu waspadai, selain COVID-19, saat ini demam berdarah dengue atau biasa disebut DBD juga sedang menghantui beberapa daerah di Indonesia.

Jadi selain memperhatikan kebersihan diri sendiri, jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggalmu.

You May Also Like