Cegah Anak Mabuk Saat Perjalanan Jauh

Tips travelling kali ini membahas bagaimana cara untuk mencegah agar anak Anda tidak mabuk saat perjalanan jauh. Ketika Anda mengajak si kecil untuk berpergian dalam jarak yang cukup jauh, maka ada beberapa persiapan khusus yang harus Anda lakukan. Terlebih lagi bila si kecil masih masuk usia balita karena anak dengan umur segitu sangat rentan untuk terkena mabuk kendaraan. Anda tentu saja tidak ingin perjalanan liburan Anda berantakan. Berikut tips travelling yang bisa Anda terapkan untuk mencegah mabuk kendaraan pada si kecil.

  • Tips travelling pertama adalah coba berikan buah lemon atau jeruk pada si kecil selama dalam perjalanan. Potong buah jeruk atau lemon, lalu biarkan anak Anda menghirup bau segarnya.¬†Penyebab utama mabuk kendaraan adalah karena kondisi tubuh si kecil yang tidak stabil. Aroma citrus yang terdapat pada kedua jenis buah tersebut dapat menetralkan rasa mual buah hati Anda.
  • Anda juga bisa mencoba untuk mengalihkan perhatian si kecil agar perjalanan tidak terasa membosankan. Dengan mengajak si kecil bercakap-cakap atau juga bisa bermain tebak-tebakan.
  • Jangan lupa untuk selalu menyediakan snack atau makanan ringan di dalam kendaraan. Hal ini dimaksudkan agar perut buah hati Anda tidak kosong selama perjalanan yang sangat berguna untuk menghindari perut mual.
  • Tidak ngebut saat membawa mobil. Selain berbahaya, mobil yang bergerak dengan cepat dan tiba-tiba akan membuat si kecil mudah mual. Lebih baik Anda berkendara dengan kecepatan yang teratur dan tidak terlalu banyak menyalip kendaraan lain.
  • Jika rasa mual terasa berlebihan, bukalah jendela mobil Anda agar sirkulasi udara berjalan dengan baik. Apabila hal itu tetap tidak bisa mengatasi rasa mual, berhentilah sejenak dan ajak anak Anda untuk keluar dari mobil dan biarkan si anak menikmati pemandangan sekitar. Hal ini bertujuan untuk merelaksasikan kondisi psikis sang anak.
  • Pijatlah telapak kaki, tangan atau olesi perut anak Anda dengan minyak kayu putih dan sejenisnya untuk mengurangi rasa mual si kecil.
  • Tips travelling terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan minuman jahe kepada si kecil. Jahe berfungsi untuk menghilangkan mual dan menghangatkan tubuh si kecil sehingga si kecil dapat melanjutkan perjalanan dengan nyaman.

You May Also Like