Agar Anak Mau Belajar

Bingung bagaimana membuat anak-anak senang dan nyaman dalam belajar? Anda bisa mencoba beberapa langkah berikut:

  • Buat Suasana Nyaman

Setiap anak memiliki metode belajar yang berbeda-beda. Ada yang lebih senang menerapkan metode belajar sambil bermain, ada pula yang lebih senang menyendiri untuk fokus belajar. Sementara anak yang lain, lebih suka metode belajar dengan cara mendengarkan (auditory).

Karena itu wajib bagi para orang tua mengenali karakter masing-masing anak. Dengan begitu suasana belajar anak lebih nyaman dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Orang Tua Juga Perlu Belajar

Bukan hanya anak, orang tua pun perlu mengetahui perkembangan mata pelajaran anaknya. Jika orang tua memiliki pengetahuan yang setara atau cukup untuk memahami mata pelajaran, anak akan merasa nyaman saat didampingi belajar bersama orang tua mereka.

  • Jangan Lupa Beri Pujian Positif

Pada dasarnya semua orang menyambut baik pujian yang datang pada dirinya. Sama halnya dengan anak-anak, mereka juga senang jika orang tua mereka memberi pujian yang positif usai belajar. Jangan ragu untuk mengutarakan kesenangan di saat anak sedang belajar. Dengan diberi perhatian penuh, anak akan lebih semangat lagi untuk membuka buku pelajaran.

You May Also Like