5 Langkah Tingkatkan Konsetrasi Saat Bekerja

Rasa bosan dan kehilangan konsentrasi memang banyak dihadapi oleh semua orang. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika iya tentu Anda berusaha untuk mencari solusi agar pekerjaan Anda tidak kacau.

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Microsoft, rata-rata manusia hanya dapat berkonsentrasi penuh selama 12 detik pada tahun 2000. Namun hal ini memiliki pengutangan jumlah yakni menjadi 8 detik di tahun 2013.

Menyeselesaikan pekerjaan tentu Anda diharapkan memiliki konsentrasi yang penuh. Namun tidak sedik orang yang mengalami kesulitan untuk melakukan hal tersebut. Tak hanya msalah distraksi yang datang dari berbagai tempat , tetapi juga pekerjaan yang menumpuk membuat Anda terkadang merasa kewalahan.

 

Dilansir dari Business Insider, ada beberapa langkah yang bisa Anda gunakan supaya dapat terus berkonsentrasi melakukan pekerjaan.

 

1. Menjadwalkan istirahat berkala
Ada sebuah penelitian mengungkapkan, istirahat sejenak yang dilakukan secara berkala dari pekerjaan Anda dapat meningkatkan konsentrasi dengan lebih baik. Dengan begitu pastikan Anda menjadwalkan secara berkala jam istirahat sehingga energi dan focus Anda dapat kembali terus terisi sepanjang hari.

 

2. Organisir pekerjaan sesuai kemampuan
Dalam melakukan pekerjaannya, setiap orang memiliki kemampuan masing-masing. agar dapat memanfaatkannya, coba untuk memetakan kemampuan yang Anda miliki. Buatlah daftar sederhana dan mengira-ngira kapan Anda memiliki fokus dan energi yang prima untuk menyelesaikan pekerjaan.

Hal ini sangat berguna bahkan saat Anda tidak memiliki waktu kerja yang fleksibel. Ketika Anda bisa memprediksi kapan energi Anda dalam kondisi prima, maka Anda bisa menyesuaikan pekerjaan mana yang sekiranya dapat Anda lakukan saat itu.

 

3. Berlatih mendengarkan musik
Disarankan untuk berlatih mendengarkan musik tanpa melakukan pekerjaan lain. hal ini mampu membuat Anda lebih fokus dan bisa meningkatkan konsentrasi Anda.

Saat Anda membersihkan pikiran dan membiarkan pikiran Anda hanya diisi dengan musik, hal tersebut ternyata merupakan bentuk lain dari sebuah meditasi, dimana pada dasarnya membersihkan “kekacauan” yang ada di pikiran Anda dan fokus pada satu hal.

 

4. Tingkatkan minat pada pekerjaan yang dilakukan
Dengan minat yang muncul dari diri Anda saat melakukan pekerjaan dapat mendorong untuk dapat lebih produktif serta meningkatkan konsentrasi yang Anda punya. Dengan begitu cobalah untuk meningkatkan minat Anda saat melakukan pekerjaan.

 

5. Menulis daftar gangguan
Ketahuilah apa saja hal-hal yang bisa menggangu konsentrasi dan produktivitas Anda saat bekerja. Sebaiknya Anda tulis beberapa hal tersebut yang sering menggangu Anda. tentu hal ini menjadikan Anda lebih waspasda terhadap seustau yang menggangu konsentrasi Anda.

Next Post

No more post

You May Also Like