3 Cara Mengatur Keuangan yang Paling Mudah Untuk Pemula

Sebagai wanita, terkadang kita harus pandai mengatur keuangan. Beberapa orang percaya bahwa keuangan keluarga yang baik berasal dari manajer keuangan yang baik, yaitu wanita. Ladies, ini terdengar cukup seksis, tapi tidak ada salahnya untuk belajar bagaimana mengelola keuangan Anda. Apakah Anda sudah menikah atau lajang, sepertinya Anda punya uang untuk dikelola. Kami memberi Anda tiga cara sederhana yang dapat Anda pelajari untuk mengelola keuangan. Baca cara-caranya di bawah ini.

 

Catat semua pengeluaran yang ditentukan di awal bulan

Rencanakan ke depan! Jika memungkinkan, cobalah untuk mencatat semua pengeluaran Anda dengan tepat di awal bulan. Dengan cara ini Anda dapat melihat berapa banyak uang yang Anda miliki untuk hidup selama sebulan. Pengeluaran tersebut misalnya pembayaran akomodasi, listrik, transportasi, pulsa dan segala sesuatu yang pasti akan Anda keluarkan bulan ini (dan jumlahnya tentu harus benar).

 

Perhatikan aliran keuangan Anda.

Anda juga harus terbiasa mencatat berapa pun pengeluaran Anda. Anda juga perlu mencatat Rs 500 sehingga Anda mengerti dengan jelas kemana uang Anda pergi. Setelah melakukannya selama sebulan, Anda perlu melihat pengeluaran mana yang lebih sedikit diperlukan agar Anda bisa menabung lebih baik lagi. Apalagi jika Anda kehabisan uang di akhir bulan, berarti ada masalah dengan pengeluaran Anda.

 

Gunakan aplikasi smartphone

Di zaman yang praktis ini, Anda juga bisa merasa memiliki keuangan di tangan Anda, Anda tahu itu. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengelola uang yang bisa Anda download dari Google PlayStore atau Apple AppStore. Ini mudah digunakan dan beberapa bahkan dilengkapi dengan fungsi alarm jika Anda harus membayar pengeluaran yang direncanakan.

 

Mengelola keuangan Anda sebenarnya sangat mudah, tetapi Anda harus memiliki dedikasi dan ketekunan untuk melacak semuanya. Jika Anda malas menulis, saran terakhir Anda bisa berupa aplikasi.

You May Also Like